Ayo nak: Bermain, Berkreatifitas & Belajar dengan Komputer (part 1)

BAB I.  MENGENAL KOMPUTER

 

Tak kenal maka tak sayang.  Demikian bunyi peribahasa yang sering diucapkan untuk menunjukkan bahwa kita perlu mengenal sesuatu dengan baik dulu sehingga kemudian akan muncul rasa sayang terhadap benda tersebut.  Demikian juga dengan komputer dan perlengkapannya yang di bab-bab seterusnya akan kita gunakan dan akan menemani kita sepanjang kita membaca buku ini.  Kita akan mengenali dulu apa itu komputer.

 

Pertama-tama kita kenali dulu dari bentuk dan kegunaannya.  Komputer yang sering kita lihat di berbagai tempat dan berbagai media seperti tv dan iklan koran biasanya merupakan salah satu dari 3 jenis komputer di bawah ini yaitu:

          komputer meja atau desktop komputer

          komputer jinjing atau notebook / laptop

          komputer server

 

Bila dari besar kecil bentuk maka diurutkan dari kecil ke besar adalah komputer jinjing, komputer meja, dan komputer server.  Bila diurutkan berdasarkan kecanggihan atau kehebatan dari komponennya maka bisa diurutkan ke yang semakin hebat adalah: komputer jinjing, komputer meja, dan komputer server.

 

Komputer meja atau desktop computer disebut demikian karena memang peletakan komputer tersebut adalah untuk di atas meja.  Jenis ini bisa disebut juga komputer yang permanen penempatannya, biasanya jenis inilah yang banyak terdapat di rumah dan di kantor.  Komputer ini biasanya digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis maupun belajar.

 

Komputer jinjing atau notebook/laptop, sesuai dengan namanya memang enak untuk dijinjing yang artinya dibawa kemana-mana.  Komputer jinjing berarti memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk bisa kita bawa pergi bersama dengan kita karena bentuknya yang didisain kecil dan ringan.  Malah belakangan ini semakin ringan beratnya hanya sekitar 1 kilogram saja, coba kamu bandingkan waktu kamu membawa gula seberat 1 kilogram dari warung ke rumah … ya seberat itulah laptop yang paling kecil.  Demikian juga bentuknya yang langsing memudahkan kita untuk menaruh di tas atau ransel kita.  Kegunaan komputer ini hampir sama dengan komputer meja.

 

Di bawah ini ditunjukkan gambar komputer laptop di sebelah kiri dan komputer meja di sebelah kanan.

 

desktop

 

laptop

 

 

Sementara komputer server bentuknya bisa paling besar dan paling berat dibandingkan komputer meja, karena memang diperuntukkan bagi proses yang berat kerja dan berpikirnya.  Begini perbandingannya, bila komputer jinjing biasanya memiliki memori 1 giga byte, dan komputer meja memiliki memori 2 giga byte, maka komputer server bisa memiliki memori dari 256 giga byte sampai 2 ribu giga byte atau bisa disebut juga dengan 2 tera byte.  Demikian juga untuk kapasitas penyimpanan datanya atau kemampuan hard disk nya maka komputer server dibuat untuk memiliki kapasitas yang super besar.

 

Di bawah ini ditunjukkan gambar komputer server PrimeQuest 520 merek Fujitsu (www.fujitsu.com) .

 

 

 

Sekarang kita melihat lebih jauh bagian atau komponen yang ada dalam suatu komputer dan apa kegunaan dari masing-masing bagian tersebut.  Dengan mengetahui bagian dan komponen komputer tentunya kita bisa mengenal dengan lebih baik komputer tersebut, sama dengan kenapa kita perlu mengetahui apa dan fungsi dari bagian tubuh kita.

 

Secara besar, komputer terdiri dari 2 bagian yaitu bagian perangkat keras dan bagian perangkat lunak.  Bagian perangkat keras adalah komponen yang bentuknya bisa kita lihat dengan mata kita, sementara bagian perangkat lunak adalah komponen yang tidak bisa kita lihat namun ada dan bermanfaat untuk kita gunakan.

 

Komponen perangkat keras / hardware dari komputer meliputi:

          input device: adalah peralatan yang bisa digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer contohnya adalah keyboard dimana kita mengetikkan beberapa huruf di keyboard maka akan ditampilkan di monitor.  Alat input selengkapnya adalah:

o        keyboard: memasukkan data berupa tulisan, huruf dan angka.

o        mouse: membantu berinteraksi dengan komputer terutama dalam bentuk gerakan, pemilihan menu, gambar dan lain-lain.

o        scanner: memasukkan data yang berasal dari media kertas dengan merubah data yang tertulis di kertas menjadi data digital. 

o        microphone: memasukkan data berupa suara

o        web-camera: memasukkan data berupa gambar bergerak.

 

Berikut gambar dari input device yaitu  keyboard dan mouse.

 

 

 

 

 

          processor : adalah peralatan yang berfungsi mengatur kerja perangkat input, output dan penyimpanan, dan menjalankan instruksi yang tertulis dalam program komputer sehingga komputer berfungsi seperti yang diharapkan.  Beberapa contoh processor yang sekarang digunakan adalah:

o        Intel Pentium IV

o        Intel Pentium Dual Core

 

          Memori :  adalah peralatan yang digunakan untuk menyimpan data selama proses komputer dijalankan dengan tujuan mempercepat komputer dalam menjalankan tugasnya.  Ada dua jenis memori yang digunakan yaitu:

o        RAM (Random Access Memory): digunakan untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang dijalankan di komputer.  Data akan hilang dari memori sewaktu komputer dimatikan, jadi data di RAM bisa ditambah dan dikurangi.

o        ROM (Read Only Memory): digunakan untuk menyimpan program tetap yang digunakan sewaktu komputer dihidupkan.  Dalam hal ini data di ROM hanya bisa dibaca saja tidak bisa ditambah ataupun dikurangi.

 

Di bawah ini gambar komponen memori.

 

 

 

          storage device:  digunakan untuk menyimpan data dalam waktu lama untuk nantinya digunakan kembali data tersebut.  Beberapa macam storage device yang ada di pasaran adalah:

o        hard disk: storage device yang memiliki kapasitas penyimpanan besar, namun karena bentuknya juga besar maka sifatnya menetap di dalam komputer.

o        floppy disk: storage device yang paling kecil kapasitas penyimpanannya yaitu sekitar 1.4 mega byte saja.  Sekarang sudah jarang digunakan karena keterbatasan kapasitas penyimpanan tersebut dan juga karena diskette lebih mudah rusak dibandingkan media penyimpanan lain.

o        CD ROM / DVD ROM: bentuknya bulat sama seperti kepingan cd film atau vcd.  Kapasitas penyimpanan jauh lebih besar dari floppy disk yaitu sekitar 700 mega byte.  Ada 2 jenis cd yaitu yang hanya bisa ditulis saja atau disebut CD-R (read), dan yang bisa ditulis dan dihapus untuk ditulis kembali atau disebut CD-RW (re-write).

o        Flash disk: inilah media yang sedang nge-trend sekarang ini karena bentuknya kecil namun kapasitasnya besar, mudah dibawa-bawa dan juga karena bentuknya sekarang makin bervariasi dan menarik.

 

Di bawah ini gambar dari storage device yaitu kepingan CD dan flash disk.

 

 

 

 

 

          output device: digunakan untuk menampilkan data dan informasi ke dalam bentuk tampilan atau cetakan.  Berikut beberapa macam output device yang biasa digunakan:

o        monitor: digunakan untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk tampilan baik gambar, tulisan, maupun film.  Bentuk dan fungsinya hampir sama dengan televisi.

o        Printer: digunakan untuk mencetak data atau informasi sehingga hasilnya dalam bentuk cetakan.  Ada banyak jenis printer mulai dari printer yang hanya untuk teks hingga printer yang dikhususkan untuk mencetak gambar berresolusi tinggi sehingga hasilnya sangat bagus.

o        multimedia speaker: yang ini untuk mengeluarkan data atau informasi berupa suara dan bunyi sehingga kita bisa mendengarkan musik maupun percakapan yang diputar di komputer.

 

Di bawah ini gambar dari output device yaitu monitor dan printer.

 

 

 

 

 

          communication device: digunakan untuk berkomunikasi antar komputer ataupun peralatan komunikasi lainnya, atau dengan kata lain untuk mengirim dan menerima sinyal dari dan ke komputer.

o        Modem: digunakan untuk berhubungan dengan telepon sehingga komputer kita kemudian bisa terhubungkan dengan jaringan internet.

o        network interface card: digunakan agar komputer kita bisa terhubungkan dengan jaringan lokal sehingga komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang ada dalam jaringan tersebut.

o        wireless network card: sama dengan network interface card namun yang di atas dihubungkan dengan kabel, sementara yang wireless ini menggunakan frekuensi tertentu sehingga bebas dari kabel.

 

Sekarang saatnya kita mengenal lebih jauh komponen perangkat lunak / software dari komputer yang meliputi:

          sistem operasi / operating system: merupakan program yang mengontrol seluruh kegiatan dari komputer sehingga semua komponen yang ada bisa bekerja sama secara baik dan efisien.  Tanpa sistem operasi ini maka komputer tidak bisa kita gunakan.  Beberapa sistem operasi yang ada di pasaran adalah:

o        Windows

o        Linux

o        Unix

 

          bahasa pemrograman / programming language: adalah program komputer yang digunakan untuk menghasilkan program komputer lagi.  Dengan bahasa pemrograman ini kita sendiri bisa membuat program baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan kita.  Beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah:

o        Visual Basic

o        C# (dibaca C sharp)

o        C++ (dibaca C plus plus)

o        Java

o        BASIC

 

          sistem database / database software: adalah program komputer yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data secara mudah dan efisien.  Beberapa sistem database yang banyak digunakan adalah:

o        Access

o        Oracle

o        SQL Server

 

          paket aplikasi / general application package: adalah program komputer yang khusus dibuat untuk membantu pengguna secara umum agar bisa memanfaatkan komputer secara maksimal sesuai dengan kebutuhan dan pekerjaannya.  Beberapa paket aplikasi yang sering dipergunakan adalah:

o        Pengolahan kata / word processing : Word

o        Tabulasi / spreadsheet : Excel

o        Presentasi : PowerPoint

o        Menggambar / Drawing : Paint, PhotoShop, CorelDraw

o        Web browser : Internet Explorer, Firefox

o        Permainan / Games : Solitaire, FreeCell, Hearts, dan lain-lain.

 

Setelah mengenal komputer dan isinya, pasti kamu punya pertanyaan seperti ini: “memang apa sih untungnya saya menggunakan komputer dibandingkan bila saya tidak menggunakan komputer?”

 

Keuntungan bila menggunakan komputer dibandingkan bila dikerjakan secara manual oleh orang adalah:

          Dari segi kecepatan: dengan menggunakan komputer pekerjaan bisa lebih cepat diselesaikan.  Coba bayangkan begini: kamu diminta untuk menuliskan kalimat “saya senang menggambar dan menyanyi” sebanyak 100 baris, berapa lama kamu bisa menyelesaikannya?  Setengah jam? Satu jam? Atau dua jam?  Dengan komputer kamu cuma perlu 5 menit paling lama.  Tidak percaya?  Begini caranya: buka Microsoft Excel, tuliskan “saya senang menggambar dan menyanyi” sekali saja, lalu tinggal mengklik dan menarik ke bawah sampai 100 baris maka sudah terkopi tulisan tersebut.  Mudah bukan?

          Konsistensi: dengan menggunakan komputer pekerjaan yang sama bila diulang maka hasilnya akan sama dengan sebelumnya.  Begini contohnya: kamu diminta untuk menggambar orang kemarin, kemudian hari ini diminta untuk menggambar yang sama seperti kemarin dijamin hasilnya tidak sama.  Bila dengan komputer kita menggambar orang kemudian kita cetak dengan printer, dan kita simpan, kemudian kita cetak lagi maka dijamin hasilnya pasti sama.  Tidak percaya?  Nanti kamu bisa coba di Bab 3.

          Presisi: komputer bisa mengerjakan tugas dengan tingkat ketelitian yang amat sangat tinggi.  Contohnya kita bisa membuat gambar penggaris dalam centimeter yang ukurannya sesuai dengan yang seharusnya karena di dalam komputer sudah disediakan ukuran yang memang sangat presisi.

          Reliabiliti: yang artinya komputer bisa diandalkan dibandingkan manusia.  Contohnya kamu bisa tidak mengerjakan pekerjaan rumahmu karena lupa atau sakit, dan itu tidak terjadi pada komputer.  Bila kita sudah meminta dengan menuliskan program untuk mengerjakan suatu pekerjaan setiap hari pada jam 7 malam maka pekerjaan itu pasti dikerjakannya selama komputer tersebut hidup. 

 

Jadi itulah kelebihan dari komputer dibandingkan dengan manusia, namun tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan komputer.  Masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh manusia sendiri.  Kenapa?  Karena komputer sekarang ini belum memiliki perasaan maka komputer belum bisa mengerjakan pekerjaan yang memerlukan perasaan seperti misalnya menentukan salah satu dari 2 orang kandidat murid yang memiliki sifat lebih jujur. 

 

Sepertinya kita sudah cukup mengenal komputer, diharapkan sekarang kamu sudah percaya kan bila komputer bisa bermanfaat buat kamu.  Nah sekarang waktunya buat kita untuk bersenang-senang, bergembira dan ber-serius dengan komputer.  Ayo kita mulai.

 

(bersambung ke bagian 2: Ayo Bermain)  (Julius Hermawan, 2007 )

 

Advertisements