TELEKOMUNIKASI & TEKNOLOGI INFORMASI DALAM GENGGAMAN

dalam genggaman

dalam genggaman

Judul tulisan ini memang harus dibaca secara harafiah karena itu yang dimaksudkan oleh penulis. Beberapa fasilitas telekomunikasi dan plus teknologi informasi sekarang sudah bisa kita nikmati melalui alat/media yang ada di genggaman telapak tangan anda. Melalui telepon seluler (HP) yang awalnya hanya digunakan untuk berkomunikasi baik dengan lisan (percakapan), dengan pertukaran tulisan (SMS), dan pertukaran gambar (MMS), sekarang sudah bisa digunakan juga untuk mengakses informasi secara online dan real time. Dulu bila kita ingin memastikan suatu berita kita hanya dapat berdiskusi lewat telepon seluler kita dengan lawan bicara kita (orang per orang), tetapi sekarang kita bisa berdiskusi langsung dengan banyak orang di seluruh Indonesia dengan bertemu secara virtual di situs web melalui telepon seluler masa kini. Itulah yang dimaksudkan dengan judul di atas. Dan itulah yang dimungkinkan dengan kemajuan teknologi hasil penyatuan teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi.

Unsur perangkat keras dalam teknologi informasi memang berkembang dengan pola wujud semakin kecil tapi dengan kapasitas dan kemampuan semakin besar. Kita bisa menelusuri contohnya dari variasi perangkat keras komputer yang ada di pasaran: PC desktop, notebook, mini notebook, handheld computer (komputer genggam), dan wearable computer (komputer yang dikenakan seperti bentuk kacamata, jam, gelang, dll.). Bentuk, dimensi dan penggunaan handheld computer yang mirip dengan telepon seluler kemungkinan yang mendorong industri dan peneliti menggarap proyek “kenapa tidak menjadikan telepon seluler sebagai komputer juga” sehingga terlahirlah telepon seluler yang memiliki kemampuan sebagai telepon sekaligus sebagai komputer seperti yang kita nikmati saat ini.

Demikian juga di arena telepon seluler, kemampuan telepon seluler sudah mirip dengan kemampuan komputer terutama pada pengiriman pesan dan gambar. Pengiriman pesan lewat SMS atau pengiriman gambar lewat MMS, di dunia teknologi informasi sejalan dengan pengiriman pesan lewat email. Namun pada saat itu kedua arena berjalan sendiri-sendiri, padahal akan lebih efisien bila sms bisa diakses lewat email dan email bisa diakses lewat sms. Kemungkinan inilah pula yang mendorong industri dan peneliti menggarap proyek “kenapa tidak menjadikan keduanya menjadi satu produk yang bisa keduanya” dan hasil akhirnya juga adalah lahirnya telepon seluler yang bisa keduanya itu seperti yang dibahas pada tulisan ini.

MANFAAT TELEPON SELULER DUO

Untuk pemakai perseorangan dan pemakai industri, ternyata telepon seluler yang DUO (bisa untuk telekomunikasi dan komputer/TI) bukan sekedar untuk mengikuti trend teknologi atau produk, tetapi juga bisa bermanfaat baik secara ekonomis maupun sosial. Lewat beberapa paragraf di bawah akan dijelajahi potensi manfaat dan keuntungan yang bisa didapat dengan adanya konvergensi telekomunikasi dan teknologi informasi ini.

Bagi perseorangan, dengan menggunakan telepon seluler yang DUO, secara tidak disadari kita dijadikan subyek yang aktif. Sebelumnya kita hanya menunggu mendapatkan informasi, tetapi dengan kemampuan yang ada di telepon seluler DUO kita lah yang mencari berita ke segala sumber informasi yang ada. Kita didorong untuk mandiri baik sebagai penerima informasi maupun sekaligus juga sebagai pemberi informasi yaitu seberapa banyak dan sumber darimana informasi yang mau kita ambil diserahkan kepada kita sebagai pelakunya. Secara tidak langsung, teknologi ini merubah perilaku obyek menjadi subyek. Kita dibuat hidup sebagai warga yang aktif sekaligus dalam 2 dunia yaitu dunia nyata dan dunia virtual.

Bagi perseorangan berbagai kemudahan bertransaksi juga dimungkinkan. Kemudahan dalam konteks bahwa transaksi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa kita perlu meninggalkan tempat kita saat itu. Misalnya memesan tiket bioskop untuk midnight secara online saat kita siang itu sedang makan siang di kantor (atau tiket lainnya: kereta api, pesawat, dan lain-lain atau berkunjung ke perpustakaan online). Segala kemudahan online yang selama ini hanya bisa dinikmati karena kita memiliki komputer dan laptop yang terkoneksi ke internet, sekarang sudah bisa dilakukan dengan lebih mobile, murah dan praktis melalui telepon seluler. Misalnya segala transaksi perbankan yang telah disediakan oleh bank sebagai internet banking (pembayaran tagihan air PAM, listrik PLN, telepon, kartu kredit, asuransi, kredit rumah, dan lain-lain) maka sekarang sudah bisa diakses dan dilakukan lewat telepon seluler.

Bagi pedagang dan pelaku bisnis yang sudah menawarkan dan mempromosikan produk atau usahanya lewat internet maka dengan dimungkinkannya akses internet lewat telepon seluler maka berarti jaringan pasar yang mungkin bisa diraih menjadi semakin luas. Luasnya pasar berpotensi meningkatkan jumlah pembeli nyata dari produk atau jasa yang ditawarkan, yang secara langsung berhubungan dengan pendapatan bagi usaha kita. Dan bagi pedagang dan pelaku bisnis yang belum terlibat dalam promosi lewat internet, maka teknologi “DUO” perlu dipertimbangkan sebagai salah satu media promosi baik lokal maupun internasional. Bayangkan bila saat masih menggunakan komputer dan laptop jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai puluhan juta orang, maka nanti bila telepon seluler dengan teknologi DUO sudah memasyarakat jumlah pengguna internet tentunya akan berlipat ganda. Inilah potensi pasar yang harus digaet oleh para pedagang dan industri.

Bagi perusahaan, dengan mempersenjatai karyawannya dengan teknologi DUO secara tidak langsung berarti meningkatkan produktivitas karyawan karena bisa online 24 jam dengan sistem yang ada di perusahaan. Sistem informasi dalam perusahaan bisa diprogram untuk memberi alert pada karyawan anywhere bila terjadi suatu gangguan pada suatu proses bisnis anytime. Secara tidak langsung teknologi DUO ini menjadi benang merah yang mengikat proses dalam perusahaan dan karyawan selama 24 jam x 7 hari dalam seminggu. Dengan demikian jam kerja karyawan ditingkatkan secara virtual dan proses bisnis perusahaan selalu terjaga pada kondisi yang diinginkan. Kehadiran karyawan secara virtual tidak dibatasi oleh cuti, sakit, maupun dinas luar karena karyawan yang cuti, sakit dan dinas luar secara virtual selalu terhubung dengan sistem informasi perusahaan.

Sebagai contohnya adalah bila tenaga marketing dari sebuah pengembang perumahan dilengkapi dengan telepon seluler DUO yang bisa mengakses aplikasi bisnis perusahaannya. Saat berhadapan dengan calon pembeli, sang tenaga marketing dengan mudah bisa menunjukkan rumah-rumah yang siap jual pada hari itu dan bahkan bisa menunjukkan lokasi, gambar dan spesifikasi dari tiap rumah secara detil dengan mengakses aplikasi bisnis perusahaan dan calon pembeli bisa langsung melihat lewat telepon seluler sang marketer. Bila calon pembeli ingin melakukan ‘deal’ saat itu juga bisa langsung ditransaksi lewat telepon seluler sang marketer. Dengan cara ini perusahaan bisa melayani calon pembeli dengan lebih memuaskan dan juga dapat menutup transaksi menjadi lebih cepat tanpa dibatasi waktu dan tempat.

Segala keuntungan di atas selain terwujud karena adanya telepon seluler yang DUO (bisa untuk telekomunikasi dan komputer/TI) juga karena dukungan provider telekomunikasi seperti XL yang menyediakan produk dan layanan yang DUO juga. Keduanya lah yang memungkinkan kita berkomunikasi dan ber-informasi secara online dan real-time with anyone everytime and anywhere.

pokoke NYAMBUNG TERUS … !
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss… !”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s