MIS – Group Assignment

GROUP ASSIGNMENT:

Sebanyak 5 mahasiswa/i membentuk 1 kelompok kerja (nama disubmit di blog yang sudah ditentukan). Tiap kelompok membuat perencanaan pengembangan sistem informasi untuk Batam Tourism Board. Sistem informasi ini digunakan untuk mengumpulkan data pariwisata, memberikan laporan kepada manajemen BTB, dan menampilkan informasi pariwisata kepada stakeholder pariwisata baik dalam maupun luar negeri. Output tugas adalah sebuah paper yang susunannya akan diinformasikan lebih lanjut. Tugas disampaikan pada pertemuan 1. Kelompok menyampaikan kemajuan tugas pada pertemuan 7 dan 11. Laporan tugas dipresentasikan dan dikumpulkan pada pertemuan ke 14.

Sebagai referensi bisa melihat situs Hong Kong Tourism Board dan Singapore Tourism Board.

Meeting 1 to 6:
Menuliskan perencanaan awal pengembangan sistem informasi pada suatu organisasi seperti yang ditugaskan kepadanya (overview organisasi & tugasnya, identifikasi pengguna, data yang dicakup (dikumpulkan dan ditampilkan), identifikasi bentuk user interface, identifikasi jenis dan bentuk laporan).
Presentasikan dan kumpulkan hasilnya pada Meeting 7

Meeting 8 to 10:
Berdasarkan hasil yang dipresentasikan pada Meeting 7, menuliskan perencanaan detil dari pengembangan sistem informasi pada suatu organisasi seperti yang ditugaskan kepadanya (detil kebutuhan data setiap pengguna, struktur data, perancangan user interface, perancangan laporan, perancangan arsitektur [hardware dan network])
Presentasikan dan kumpulkan hasilnya pada Meeting 11.

Meeting 12 to 13:
Berdasarkan hasil yang dipresentasikan pada Meeting 11, menuliskan laporan perencanaan akhir pengembangan sistem informasi pada organisasi seperti yang ditugaskan.
Presentasikan dan kumpulkan pada Meeting 14.
Format laporan diberikan pada Meeting 12.

Advertisements

3 thoughts on “MIS – Group Assignment

  1. Berikut ini adalah format pelaporan bagian 1 yang digunakan untuk melaporkan hasil kerja kelompok anda. Kumpulkan laporannya pada pertemuan ke 7, dan siapkan bahan presentasinya (file powerpoint) sebagai ringkasan dari laporan kelompok anda.

    1. DESKRIPSI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

    a. DESKRIPSI TUGAS

    b. PROSES BISNIS
    <di bagian ini buat lah daftar proses bisnis yang ada didalam BTB dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Jelaskan dengan detil masing-masing proses bisnisnya dalam bentuk narasi dan flowchart. [ seperti bentuk tugas pada pertemuan 4 kemarin "Menganalisis Proses Bisnis untuk Sistem Enterprise"]

    2. PIHAK YANG TERLIBAT
    <di bagian ini buatlah daftar actor/pihak-pihak yang terlibat dalam proses bisnis BTB, baik yang ada di internal organisasi BTB maupun yang ada di luar organisasi / eksternal BTB. Identifikasi pihak yang menjadi sumber data, dan pihak yang memanfaatkan informasi yang dihasilkan BTB

    a. INTERNAL ORGANISASI

    b. EKSTERNAL ORGANISASI

    3. DATA DAN INFORMASI
    <di bagian ini anda jelaskan data dan informasi yang dibutuhkan sebagai input oleh BTB, sumbernya darimana, dan bagaimana mendapatkannya, serta informasi yang dihasilkan oleh BTB. Bila dalam bentuk laporan berikan contoh format dan isinya

    a. INPUT

    b. OUTPUT

  2. NILAI LAPORAN DAN PRESENTASI 1

    Berikut adalah nilai laporan dan presentasi 1 dari masing-masing kelompok.

    Nilai B+
    Kelompok 0931131 dkk
    0831043 dkk
    0631008 dkk

    Nilai B
    Kelompok 0831041 dkk
    0831111 dkk
    0831089 dkk
    0831076 dkk
    0831038 dkk
    0831119 dkk

    Nilai C
    Kelompok 0831092 dkk

    Nilai F
    Kelompok 0831055 dkk
    0831085 dkk
    0631007 dkk

    Masih ada pengambilan nilai untuk laporan dan presentasi 2 dan 3. Terima kasih.

  3. Berikut ini adalah format pelaporan bagian 2 yang digunakan untuk melaporkan hasil kerja kelompok anda. Kumpulkan laporannya pada pertemuan ke 11, dan siapkan bahan presentasinya (file powerpoint) sebagai ringkasan dari laporan kelompok anda.

    Laporan ini merupakan lanjutan dari Laporan Bagian 1. Laporan Bagian 1 dan Bagian 2 yang sudah dilengkapi kemudian disatukan sebagai Laporan Akhir [Bagian 3] yang dikumpulkan di pertemuan terakhir [14].

    1. DISAIN USER INTERFACE DAN REPORT
    a. DISAIN USER INTERFACE
    di bagian ini buatlah disain dari user interface yang akan dimiliki oleh sistem informasi BTB sebagai media interaksi dengan user. gambarkan layout form yang digunakan. Termasuk di dalamnya form untuk input data, melihat data, dan membuat laporan. Ikuti aturan merancanga user interface yang baik.
    b. DISAIN REPORT
    di bagain ini buatlah disain tata letak laporan yang dihasilkan oleh sistem informasi BTB. Ikuti aturan merancang report yang baik.

    2. DISAIN DATABASE
    di bagian ini jelaskan disain database yang anda buat sebagai sarana penyimpanan data bagi sistem informasi BTB. Gambarkan dengan Entity Relationship Diagram.

    3. DISAIN PROSES
    di bagian ini jelaskan masing-masing proses yang terlibat dalam sistem informasi BTB. Termasuk di dalamnya proses penghitungan data, proses filter data, proses penggrupan data, dan lain-lain yang digunakan untuk memproses data input sebelum menjadi data output yang disajikan dalam bentuk laporan.

    4. DISAIN ARSITEKTUR SISTEM
    di bagian ini gambarkan arsitektur sistem informasi BTB. Termasuk di dalamnya hardware yang digunakan, konfigurasi networking nya, dan bagaimana keterhubungan dengan lokasi pihak yang terlibat (stakeholder).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s