MIS – Individual Assignment 2

Mahasiswa mengunjungi situs www.oto.co.id . Telusuri informasi dan feature yang ada dalam situs yang mengklaim sebagai “the 1st Indonesian Automotive portal”.

Bila dihubungkan dengan 3 strategi bisnis umum yang dianut oleh perusahaan yaitu:
– become the low cost producer
– differentiate product from competitor’s products
– change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche

berikan pendapat anda:
1. portal oto.co.id ini digunakan oleh perusahaan untuk membidik / mendukung strategi yang mana?
2. bagaimana dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan?

Advertisements

63 thoughts on “MIS – Individual Assignment 2

  1. 1. Portal oto.co.id mendukung strategi: change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche, dimana oto.co.id itu merubah suatu lingkup kompetisi dengan memperbesar pasar dengan kompetitor yang lain supaya perusahaan portal oto.co.id bisa meningkatkan kualitas dan penjualan mobil secara kredit.

    2. Dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan ? Portal oto.co.id akan meningkatkan kinerja/performance perusahaan dan portal oto.co.id akan lebih banyak konsumen disebabakan adanya portal oto.co.id yang mengklaim sebagai “the 1st Indonesian Automotive portal”.

  2. Jawaban ( Suherman™ – 0831039 )® =

    1. Adapun portal oto.co.id ini digunakan oleh perusahaan antara lain untuk mendukung strategi bisnis “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”, karena dengan adanya portal tersebut mampu memperluas jangkauan promosinya hingga ke seluruh nusantara Indonesia. Ditambah lagi perusahaan tersebut juga membentuk sebuah sistem “Afiliasi Partner OTO” dimana pihak-pihak lain baik perorangan maupun perusahaan juga diperkenankan untuk memperoleh keuntungan dengan cara maju bersama perusahaan OTO dalam mempromosikan produknya melalui web. Hal ini tentu saja akan sangat membantu perusahaan OTO dalam mencapai strategi bisnis yang dibidiknya.

    Selain mendukung strategi bisnis di atas, portal tersebut juga turut mendukung strategi “differentiate product from competitor’s products”, hal ini dapat kita lihat bahwa dalam portal tersebut perusahaan juga menyediakan jasa Asuransi dari para partner asuransi yang telah bergabung bersamanya. Kemudian portal tersebut juga menerima “Virtual Dealer” dimana portal tersebut menyediakan jasa kerja sama dengan para dealer mobil lainnya yang ingin mempromosikan produknya, sehingga semakin bervariasilah produk yang tersedia dalam portal tersebut. Selain hal tersebut dalam portal itu juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya yang tentunya akan sangat membantu para konsumennya, sehingga jelaslah bahwa portal ini berbeda dengan portal-portal dari perusahaan kompetitornya.

    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut tentunya sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan eksistensinya. Meskipun cabang dari perusahaan tersebut hanya terdapat pada beberapa kota-kota besar saja, namun dengan bantuan portalnya yang disebut “The 1st Indonesian Automotive Portal” maka secara perlahan eksistensinya akan merebak ke seluruh nusantara Indonesia tanpa cabang perusahaan sekalipun.

  3. Berikut ini Jawaban saya …. ,

    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.

    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  4. Pendapat Saya(Fransisca Ester_0831077),
    Web oto.co.id digunakan perusahaan untuk mendukung strategi bisnis “Change the Scope of Competition by Enlarging the Market or Narrowing It to A Specialized Niche”, karena portal oto.co.id mampu memperluas pangsa pasar dan mempromosikan produk hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Perusahaan Oto juga memperkenankan bagi orang-orang maupun perusahaan yang ingin maju bersama-sama untuk mempromosikan produknya di web, mereka akan mendapat keuntungan dengan cara membantu perusahaan oto memperluas pasar. Perusahaan Oto juga mendukung strategi “Differentiate Product From Competitor’s Products”, karena dalam portal tersebut diterakan bahwa Oto mempunyai beberapa partner antara lain dalam bidang asuransi dan juga partner dealer mobil lainnya, dan partner yang berkaitan lainnya yang telah bekerjasama dengan Oto dan saling mempromosikan produknya. Oto.co.id benar-benar adalah portal yang bersahabat (karena tidak saling sikut dengan dealer-dealer lain), malah saling bekerjasama dan membuat produk dalam web oto semakin beraneka ragam.

    2. Untuk jangka waktu panjang karena dengan adanya web oto.co.id bisa membantu, mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan juga membantu perusahaan Oto dan juga partner-partner nya untuk mempromosikan produk mereka masing-masing ke seluruh penjuru Indonesia meskipun ke kota-kota yang belum ada cabang dari perusahaan Oto ataupun partnernya.

  5. Menurut pendapat saya,

    1. Portal oto.co.id ini digunakan untuk mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” karena portal tersebut mampu memperluas pangsa promosinya hingga ke seluruh kota di Indonesia. Perusahaan tersebut juga membentuk Partner OTO, dimana dealer lain dan pihak lainnya boleh mempromosikan produknya di web oto. Oto juga mempunyai partner asuransi dan juga penyedia fasilitas lainnya agar dalam web nya semakin beragam dan bervariasi. Tujuannya antara lain adalah untuk memuaskan konsumen, agar mudah mencari, memilih produk yang diinginkan.

    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut oto dan partnernya bisa tetap eksis melakukan promosi meskipun tidak memiliki cabang di kota tersebut.

  6. Pendapat Saya(Fransisca Ester_0831077),
    1. Web oto.co.id digunakan perusahaan untuk mendukung strategi bisnis “Change the Scope of Competition by Enlarging the Market or Narrowing It to A Specialized Niche”, karena portal oto.co.id mampu memperluas pangsa pasar dan mempromosikan produk hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Perusahaan Oto juga memperkenankan bagi orang-orang maupun perusahaan yang ingin maju bersama-sama untuk mempromosikan produknya di web, mereka akan mendapat keuntungan dengan cara membantu perusahaan oto memperluas pasar. Perusahaan Oto juga mendukung strategi “Differentiate Product From Competitor’s Products”, karena dalam portal tersebut diterakan bahwa Oto mempunyai beberapa partner antara lain dalam bidang asuransi dan juga partner dealer mobil lainnya, dan partner yang berkaitan lainnya yang telah bekerjasama dengan Oto dan saling mempromosikan produknya. Oto.co.id benar-benar adalah portal yang bersahabat (karena tidak saling sikut dengan dealer-dealer lain), malah saling bekerjasama dan membuat produk dalam web oto semakin beraneka ragam.

    2. Untuk jangka waktu panjang karena dengan adanya web oto.co.id bisa membantu, mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan juga membantu perusahaan Oto dan juga partner-partner nya untuk mempromosikan produk mereka masing-masing ke seluruh penjuru Indonesia meskipun ke kota-kota yang belum ada cabang dari perusahaan Oto ataupun partnernya.

  7. 1. Portal ini digunakan oleh perusahaan untuk mendukung strategi: change the scope of competiion by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche.
    Karena melalui portal ini perusahaan berusaha untuk memperluas area dan proses pemasaran mereka agar dapat dijangkau oleh seluruh kota di Indonesia (walaupun masih belum semua kota memiliki cabang ini). Maka, pelanggan dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi maupun untuk meng-apply paket yang diinginkannya. Sehingga area pemasarannya menjadi lebih luas dan prosesnya akan lebih lancar.
    Dalam mendiferensiasikan produk mereka dengan produk pesaing lainnya, selain paket mobil baru, perusahaan juga menyediakan paket dan kredit untuk modil bekas, memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi tiap merek mobil, serta adanya matrik perbandingan untuk membantu para pelanggan dalam memahami informasi yang dicarinya. Dengan ini, perusahaan mampu memberikan produk dan jasa yang lebih lengkap dan berbeda dengan kompetitornya.

    2. Portal ini dapat memperluas area pemasaran produk serta sangat membantu para pelanggannya.
    Oleh karena itu, pengaruhnya juga berdampak mempermudah jalannya informasi & promosi kepada konsumen serta feedback & penjualan kepada perusahaan. Maka terhadap eksistensi perusahaan, portal ini dapat mendukung perkembangan teknologi serta tiap departemen perusahaan itu sendiri, dan perusahaan juga menjadi semakin diperlukan bagi masyarakat yang membutuhkan portalnya.

  8. Menurut pendapat saya,
    1. Portal oto.co.id ini digunakan untuk mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” karena portal tersebut mampu memperluas pangsa promosinya hingga ke seluruh kota di Indonesia. Perusahaan tersebut juga membentuk Partner OTO, dimana dealer lain dan pihak lainnya boleh mempromosikan produknya di web oto. Oto juga mempunyai partner asuransi dan juga penyedia fasilitas lainnya agar dalam web nya semakin beragam dan bervariasi. Tujuannya antara lain adalah untuk memuaskan konsumen, agar mudah mencari, memilih produk yang diinginkan.
    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut oto dan partnernya bisa tetap eksis melakukan promosi meskipun tidak memiliki cabang di kota tersebut.

  9. 1. portal oto.co.id ini digunakan oleh perusahaan untuk membidik / mendukung strategi mengubah lingkup persaingan dengan memperbesar pasar (change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche).

    dimana Usaha utama Oto Multiartha adalah pada pembiayaan kepemilikan mobil baik baru maupun bekas. Oto Multiartha juga menyediakan pembiayaan serba guna usaha berdasarkan permintaan pelanggan. Target utama Oto Multiartha adalah pelanggan perorangan, selain itu juga memberikan pembiayaan kepada badan usaha. Sebagai perusahaan pembiayaan yang independen, Oto Multiartha tidak ada keterkaitan dengan pabrikan, sehingga perusahaan memiliki keleluasaan untuk membiayai semua merek mobil yang ada di pasar. Oto Multiartha juga telah menikmati pertumbuhan pasar mobil domestik yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, serta mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemain terkemuka dalam pembiayaan mobil.

    2. dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan?

    Dalam usaha menyediakan layanan “one-stop-service”, Oto Multiartha mengembangkan web site http://www.oto.co.id, yang mana telah diakui sebagai portal otomotif pertama di Indonesia.
    Oto Multiartha terus memperkuat sistem Teknologi Informasi untuk memperluas pangsa pasar dengan cara meningkatkan efisiensi dan produktivitas di kantor-kantor cabang untuk melayani pelanggan.

    Oto Multiartha senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Sampai akhir 2008 Oto Multiartha telah mengoperasikan 47 kantor yang tersebar di 31 kota besar di Indonesia.
    Selain itu juga Oto Multiartha telah bekerjasama untuk penerimaan pembayaran angsuran dengan bank-bank berjaringan nasional dan PT Pos Indonesia, sehingga para Pelanggan semakin mudah dan nyaman membayar angsurannya.

  10. Jawaban :

    1.Strategi Bisnis yang digunakan portal oto.co.id ini adalah “differentiate product from competitor’s product”.portal ini menerima “Virtual Dealer” yang menyediakan jasa kerja sama dengan dealer-dealer mobil yang ingin mempromosikan mobilnya.
    dengan demikian portal tersebut memiliki banyak variasi produk yang tersedia.

    Selain itu dalam portal tersebut bisa digunakan Strategi Bisnis “become the low cost producer”. karena dalam Promosi Web tidak terlalu mengeluarkan banyak biaya harus membayarkan pada bagian sales yang akan mempromosikan Produk kita.

    2.dampak jangka panjang pada portal tersebut akan sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut karena sudah membantu dalam hal promosi produknya.

  11. Pendapat Saya(Fransisca Ester_0831077),
    1.Web oto.co.id digunakan perusahaan untuk mendukung strategi bisnis “Change the Scope of Competition by Enlarging the Market or Narrowing It to A Specialized Niche”, karena portal oto.co.id mampu memperluas pangsa pasar dan mempromosikan produk hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Perusahaan Oto juga memperkenankan bagi orang-orang maupun perusahaan yang ingin maju bersama-sama untuk mempromosikan produknya di web, mereka akan mendapat keuntungan dengan cara membantu perusahaan oto memperluas pasar. Perusahaan Oto juga mendukung strategi “Differentiate Product From Competitor’s Products”, karena dalam portal tersebut diterakan bahwa Oto mempunyai beberapa partner antara lain dalam bidang asuransi dan juga partner dealer mobil lainnya, dan partner yang berkaitan lainnya yang telah bekerjasama dengan Oto dan saling mempromosikan produknya. Oto.co.id benar-benar adalah portal yang bersahabat (karena tidak saling sikut dengan dealer-dealer lain), malah saling bekerjasama dan membuat produk dalam web oto semakin beraneka ragam.

    2. Untuk jangka waktu panjang karena dengan adanya web oto.co.id bisa membantu, mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan juga membantu perusahaan Oto dan juga partner-partner nya untuk mempromosikan produk mereka masing-masing ke seluruh penjuru Indonesia meskipun ke kota-kota yang belum ada cabang dari perusahaan Oto ataupun partnernya.

  12. 1. Portal oto.co.id ini digunakan untuk mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” karena portal tersebut mampu memperluas pangsa promosinya hingga ke seluruh kota di Indonesia. Perusahaan tersebut juga membentuk Partner OTO, dimana dealer lain dan pihak lainnya boleh mempromosikan produknya di web oto. Oto juga mempunyai partner asuransi dan juga penyedia fasilitas lainnya agar dalam web nya semakin beragam dan bervariasi. Tujuannya antara lain adalah untuk memuaskan konsumen, agar mudah mencari, memilih produk yang diinginkan.
    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut oto dan partnernya bisa tetap eksis melakukan promosi meskipun tidak memiliki cabang di kota tersebut.

  13. 1. Portal oto.co.id ini digunakan untuk mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” karena portal tersebut mampu memperluas pangsa promosinya hingga ke seluruh kota di Indonesia. Perusahaan tersebut juga membentuk Partner OTO, dimana dealer lain dan pihak lainnya boleh mempromosikan produknya di web oto. Oto juga mempunyai partner asuransi dan juga penyedia fasilitas lainnya agar dalam web nya semakin beragam dan bervariasi. Tujuannya antara lain adalah untuk memuaskan konsumen, agar mudah mencari, memilih produk yang diinginkan.
    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut oto dan partnernya bisa tetap eksis melakukan promosi meskipun tidak memiliki cabang di kota tersebut

  14. Pendapat Saya(Fransisca Ester_0831077),
    1.Web oto.co.id digunakan perusahaan untuk mendukung strategi bisnis “Change the Scope of Competition by Enlarging the Market or Narrowing It to A Specialized Niche”, karena portal oto.co.id mampu memperluas pangsa pasar dan mempromosikan produk hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Perusahaan Oto juga memperkenankan bagi orang-orang maupun perusahaan yang ingin maju bersama-sama untuk mempromosikan produknya di web, mereka akan mendapat keuntungan dengan cara membantu perusahaan oto memperluas pasar. Perusahaan Oto juga mendukung strategi “Differentiate Product From Competitor’s Products”, karena dalam portal tersebut diterakan bahwa Oto mempunyai beberapa partner antara lain dalam bidang asuransi dan juga partner dealer mobil lainnya, dan partner yang berkaitan lainnya yang telah bekerjasama dengan Oto dan saling mempromosikan produknya. Oto.co.id benar-benar adalah portal yang bersahabat (karena tidak saling sikut dengan dealer-dealer lain), malah saling bekerjasama dan membuat produk dalam web oto semakin beraneka ragam.

    2. Untuk jangka waktu panjang karena dengan adanya web oto.co.id bisa membantu, mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan juga membantu perusahaan Oto dan juga partner-partner nya untuk mempromosikan produk mereka masing-masing ke seluruh penjuru Indonesia meskipun ke kota-kota yang belum ada cabang dari perusahaan Oto ataupun partnernya

  15. 1. Portal oto.co.id ini digunakan untuk mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” karena portal tersebut mampu memperluas pangsa promosinya hingga ke seluruh kota di Indonesia. Perusahaan tersebut juga membentuk Partner OTO, dimana dealer lain dan pihak lainnya boleh mempromosikan produknya di web oto. Oto juga mempunyai partner asuransi dan juga penyedia fasilitas lainnya agar dalam web nya semakin beragam dan bervariasi. Tujuannya antara lain adalah untuk memuaskan konsumen, agar mudah mencari, memilih produk yang diinginkan
    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut oto dan partnernya bisa tetap eksis melakukan promosi meskipun tidak memiliki cabang di kota tersebut

  16. 1. Portal oto.co.id ini digunakan untuk mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” karena portal tersebut mampu memperluas pangsa promosinya hingga ke seluruh kota di Indonesia. Perusahaan tersebut juga membentuk Partner OTO, dimana dealer lain dan pihak lainnya boleh mempromosikan produknya di web oto Oto juga mempunyai partner asuransi dan juga penyedia fasilitas lainnya agar dalam web nya semakin beragam dan bervariasi. Tujuannya antara lain adalah untuk memuaskan konsumen, agar mudah mencari, memilih produk yang diinginkan
    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal tersebut oto dan partnernya bisa tetap eksis melakukan promosi meskipun tidak memiliki cabang di kota tersebut

  17. 1.ada pun oto.co.id adalah sebuah cara untuk mendukung strategi “differentiate product from competitor’s product” yang meyediakan jasa asuransi,partner,jenis mobil,paket2 dan promosi,pesifikasi dan persyaratan kredit yang akan membantu konsumen untuk memilih jenis mobil yang diinginkan.
    ada dicantumkan juga call center nya sehinga konsumen yang kurang mengerti bisa menanyakannya.

    2.Dampak jangka panjang dengan adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan yaitu bisa memudahkan konsumen untuk mencari mobil yang diinginkan.dan akan dikenal oleh konsumen dengan mengakses website tersebut dibandingkan dengan sales yang harus melakukan promosi ke orang2.

  18. Harry Pratama_0831089

    1. Portal ini mendukung strategi change the scope of competition dimana mereka melebarkan ruang lingkup pemasaran mereka ke seluruh kota – kota besar diindonesia yang pastinya akan menambah jumlah konsumen walaupun akan juga menambah jumbah kompetitir lokal diwilayah mereka masing – masing yang menjadi ruang lingup pemasaran perusahaan OTO
    selain strategi change the scope of competition mereka juga mendukung strategi differentiate product dimana mereka selain menjual mobil mereka juga menjual sepeda motor di portal mereka sehingga dapat memberikan solusi ke pelanggan mereka dengan transportasi yang lebih mrah daripada mobil.

    2. Dengan adanya portal ini dampak – dampak yang akan terjadi adalah penambahan banyak konsumen karena perusahann OTO Karena pelanggan perusahan OTO tidak perlu ke gedung mereka untuk mengetahui informasi dan mebayar produk yang ditawarkan oleh perusahaan OTO sehingga para pelanggan akan lebih memilih perusahaan mereka karena perushaan OTo meberikan kemudahan bagi para pelanggan mereka.

  19. 1. strategi bisnis yang digunakan portal oto.co.id adalah change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche karena dengan bantuan oto.co.id ini produk/mobil yang ingin dijual dapat diakses oleh seluruh consumen di seluruh indonesia.
    2. untuk jangka panjang tentunya perusahaan2 otomotif di Indonesia akan terbantu dalam pemasaran produk mereka dengan bantuan oto.co.id

  20. Berikut ini Jawaban saya …. ,
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  21. 1.Web oto.co.id digunakan perusahaan untuk mendukung strategi bisnis “Change the Scope of Competition by Enlarging the Market or Narrowing It to A Specialized Niche”, karena portal oto.co.id mampu memperluas pangsa pasar dan mempromosikan produk hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Perusahaan Oto juga memperkenankan bagi orang-orang maupun perusahaan yang ingin maju bersama-sama untuk mempromosikan produknya di web, mereka akan mendapat keuntungan dengan cara membantu perusahaan oto memperluas pasar. Perusahaan Oto juga mendukung strategi “Differentiate Product From Competitor’s Products”, karena dalam portal tersebut diterakan bahwa Oto mempunyai beberapa partner antara lain dalam bidang asuransi dan juga partner dealer mobil lainnya, dan partner yang berkaitan lainnya yang telah bekerjasama dengan Oto dan saling mempromosikan produknya. Oto.co.id benar-benar adalah portal yang bersahabat (karena tidak saling sikut dengan dealer-dealer lain), malah saling bekerjasama dan membuat produk dalam web oto semakin beraneka ragam.

    2. Untuk jangka waktu panjang karena dengan adanya web oto.co.id bisa membantu, mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan dan juga membantu perusahaan Oto dan juga partner-partner nya untuk mempromosikan produk mereka masing-masing ke seluruh penjuru Indonesia meskipun ke kota-kota yang belum ada cabang dari perusahaan Oto ataupun partnernya.

  22. Setelah saya mencari dengan teliti tentang website itu maka
    Berikut ini Jawaban saya …. ,
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  23. …………………
    Berikut ini Jawaban saya …. ,
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  24. Berikut ini Jawaban saya …. ,
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  25. ……………………..
    Berikut ini Jawaban saya …. ,
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  26. 1.Portal oto.co.id dikatakan sebagai “the 1st indonesian
    automitive portal” digunakan oleh perusahaan untuk mebidik/mendukung
    strategi”change the scope of competition by enlarging the market
    or norrowing it to a specialized niche” karena dengan portal ini
    perusahaan dalat mempromosikan semua jenis barang yang akan dijual.
    Dan dengan adanya portal ini perusahaan dapat memperlebar area pemasaran
    tidak hanya di indonesia tetapi juga keluar negeri karena banyak diakses
    melalui internet.
    selain strategi diatas portal ini juga bisa dikatakan sebagai
    “become the low cost producer” karena dengan banyaknya jenis produk yang
    dijual konsumen diberi banyak alternative sesuai dengan cost dan keinginan
    konsumen.
    2.Dampak jangka panjang dengan adanya portal oto.co.id menjaga eksistensi
    perusahaan.Karena dengan adanya portal ini makabanyak sekali konsumen yang
    akan mencari informasi produk yang akan dibeli dan pada portal ini terdapat
    layanan pelanggan yang secara otomatis komunukasi antara perusahaan dan konsumen
    akan berjalan dengan baik sehingga portal ini memiliki eksistensi yang kuat
    untuk kedepanya karena akan selalu di perbaharui menurut perkembangan jaman
    dan memenuhi keinginan konsumen itu sendiri.

  27. 1. Setelah saya baca dan pelajari, saya bisa menarik kesimpulan bahwa portal http://www.oto.co.id mendukung strategi: “Change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”. Tapi oto dealer cenderung ke “Change the scope of competition by enlarging the market”, Alasannya adalah: Mereka membuka cabang dan mengatur penjualan sedemikian rupa dan meluas sehingga bisa meraih pangsa pasar yang lebih banyak. Di samping itu, oto dealer ini juga menyediakan berbagai product sehingga bisa meyediakan berbagai alternatif bagi para calon pembeli.
    Di samping itu mereka juga menjual berbagai macam kendaraan roda dua dengan merek yang berbeda.

    2. Untuk jangka panjang kedepannya, Portal oto.co.id akan membantu untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan mereka sangat berpotensi untuk menjadi web portal yang terbesar dan terpercaya dalam menyediakan informasi jual beli kendaraan.

  28. 1. change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche. Sebab oto.co.id merupakan sebuah web/perusahaan yang mana bekerja sama dengan berbagai dealer di berbagai wilayah. sehingga ia dapat memperbesar pasarnya.

    2. dampak jangka panjangnya ialah oto.co.id akan bisa mendapatkan customer tetap sebab mereka menyediakan jasa yang cukup memuaskan pelanggan dimana mereka bisa membandingkan harga mobil diberbagai kota.dengan demikian, pelanggan bisa merasa lebih nyaman dan hasilnya oto.co.id akan mendapat pelanggan tetap.

  29. 1. menurut saya portal ini mendukung strategi change yhe scope of competition dimana oto membuat suatu situs yang cukup kompleks menjelaskan kepada konsumen tentang informasi 2 produk yang di pasarkan, dan dengan adanya situs ini dapat memperluasa jangkauan customer Oto, karena situs bukan hanya bisa di akses di indonesia saja, tapi juga bisa di akses di seluruh dunia.

    2. dampak jangka panjang nya adalah bertambah banyak nya jumlah customer Oto, karena para customer hanya memerlukan akses internet untuk melihat dan membeli produk 2 Oto

  30. 1. Portal ini digunakan oleh perusahaan untuk mendukung strategi: change the scope of competiion by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche.
    Karena melalui portal ini perusahaan berusaha untuk memperluas area dan proses pemasaran mereka agar dapat dijangkau oleh seluruh kota di Indonesia (walaupun masih belum semua kota memiliki cabang ini). Maka, pelanggan dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi maupun untuk meng-apply paket yang diinginkannya. Sehingga area pemasarannya menjadi lebih luas dan prosesnya akan lebih lancar.

    Dalam mendiferensiasikan produk mereka dengan produk pesaing lainnya, selain paket mobil baru, perusahaan juga menyediakan paket dan kredit untuk modil bekas, memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi tiap merek mobil, serta adanya matrik perbandingan untuk membantu para pelanggan dalam memahami informasi yang dicarinya. Dengan ini, perusahaan mampu memberikan produk dan jasa yang lebih lengkap dan berbeda dengan kompetitornya.

    2. Portal ini dapat memperluas area pemasaran produk serta sangat membantu para pelanggannya.
    Oleh karena itu, pengaruhnya juga berdampak mempermudah jalannya informasi & promosi kepada konsumen serta feedback & penjualan kepada perusahaan. Maka terhadap eksistensi perusahaan, portal ini dapat mendukung perkembangan teknologi serta tiap departemen perusahaan itu sendiri, dan perusahaan juga menjadi semakin diperlukan bagi masyarakat yang membutuhkan portalnya.

  31. 1. menurut saya portal oto.co.id ini menggunakan 2 strategi yaitu :
    A.change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche .
    oto.co.id ini menggunakan web sebagai salah satu saran promosi mereka dan mereka juga menyediakan informasi tetang otomotif.
    dengan menyedia kan info tentang otomotif akan sangat membantu para junior.
    dan dia juga memperluas pasar dengan menjual mobil bekas.

    B.differentiate product from competitor’s products
    dan portal ini tidak hanya menjual mobil saja tetapi juga menjual motor dan asuransi dan berserta menyediakan jasa ” virtual dealer”
    bagi delear mobil baru atau bekas dan motor juga dapat yang ingin mempromosikan produknya dan terciptalah berbagai jenis produk yang ada di
    portal tersebut. dengan memiliki beberapa kelebihan ini portal ini dapat memenangi competitornya

    2. dampak jangka panjang dari oto.co.id ini sangat menguntungkan perusahaan ini. tanpa susah payah mereka telah melakukan promosi yang cukup luas.

  32. Portal ini digunakan oleh perusahaan untuk mendukung strategi: change the scope of competiion by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche.
    Karena melalui portal ini perusahaan berusaha untuk memperluas area dan proses pemasaran mereka agar dapat dijangkau oleh seluruh kota di Indonesia (walaupun masih belum semua kota memiliki cabang ini). Maka, pelanggan dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi maupun untuk meng-apply paket yang diinginkannya. Sehingga area pemasarannya menjadi lebih luas dan prosesnya akan lebih lancar.

    Dalam mendiferensiasikan produk mereka dengan produk pesaing lainnya, selain paket mobil baru, perusahaan juga menyediakan paket dan kredit untuk modil bekas, memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi tiap merek mobil, serta adanya matrik perbandingan untuk membantu para pelanggan dalam memahami informasi yang dicarinya. Dengan ini, perusahaan mampu memberikan produk dan jasa yang lebih lengkap dan berbeda dengan kompetitornya.

    2. Portal ini dapat memperluas area pemasaran produk serta sangat membantu para pelanggannya.
    Oleh karena itu, pengaruhnya juga berdampak mempermudah jalannya informasi & promosi kepada konsumen serta feedback & penjualan kepada perusahaan. Maka terhadap eksistensi perusahaan, portal ini dapat mendukung perkembangan teknologi serta tiap departemen perusahaan itu sendiri, dan perusahaan juga menjadi semakin diperlukan bagi masyarakat yang membutuhkan portalnya.

  33. 1. Portal http://www.oto.co.id mendukung strategi:
    “Differentiate product from competitor’s products”
    OTO menerima berbagai partner untuk bergabung pada portal tersebut untuk melakukan promosi online bersama-sama. Didalam portal ini kita dapat menemukan layanan asuransi secara langsung. Selain itu OTO mengajak dealer – dealer mobil lainnya untuk bergabung pada portal http://www.oto.co.id. Hal tersebut merupakan sesuatu yang jarang kita ketemu di portal-portal lain, dan merupakan sebuah perbedaan dengan portal lain.

    “Change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”
    OTO menerapkan sebuah strategi Afiliafi partner OTO, dimana OTO mengajak para pihak perusahaan lain untuk bergabung didalam web http://www.oto.co.id ini untuk maju bersama-sama dalam memasarkan layanan dan produk. Dengan begitu OTO dapat meningkatkan reputasi dan pasar yang dituju.

    2. Dampak jangka panjang http://www.oto.co.id terhadap eksistensi perusahaan.
    Kehadiran web http://www.oto.co.id ini dalam dampak jangka panjang tentu dapat membantu perusahaan untuk lebih maju. Dalam zaman sekarang sudah banyak masyarakat yang menggunakan jasa internet untuk mencari berbagai informasi belanja. Dengan web ini maka eksistensi perusahaan akan semakin dikenal oleh masyarakat melalui promosi virtual ini. Selain itu dengan sebutan “The first Indonesia portal” juga sangat membantu dalam meningkatkan eksistensi perusahaan.

  34. Dian Harzarima_0831107_SIMC

    1. Strategi yang digunakan oleh Portal oto.co.id adalah change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche, dimana portal memperluas startegi penjualan ke seluruh nusantara dengan menggunakan media web. selain itu juga dia menjual barangnya dengan menggunakan sistem kredit. mereka juga membuka memperoleh keuntungan dengan membuka kesempatan kepada perusahaan-perusahaan lain untuk memasang iklan di web yang mereka buat, itu jelas menguntungkan.

    2. dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan adalah jelas sangat mengutungkan, karna perusahaan dapat mempromosikan produknya tidak hanya dalam 1 wilayah saja, tapi bisa keseluruh wilayah yang ada diindonesia. dan jelas mempermudah konsumen untuk mengetahui produknya.

  35. 1. Portal oto.co.id mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche “. Yang mana oto.co.id mempromosikan dan memasarkan produk – produk dalam jangkawan yang lebih luas untuk seluruh wilayah Indonesia selain itu juga oto.co.id menawarkan paket-paket produk yang bekerjasama dengan berbagai pelaku bisnis lainya yang di brand dalam oto.co.id untuk menarik daya beli konsumen dalam persaingan bisnis dengan otomotif lainya.

    2. Dampak jangka panjang dengan adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan yaitu :
    – Kemudahana dalam mempromosikan produk-produk yang ditawarkan sehingga akan meminimal kan biaya perusahaan untuk promosi.
    – Perusahaan akan mudah memonitoring system dan produk – produk diseluruh cabang oto.co.id diseluruh wilayah Indonesia.
    – Dengan adanya portal oto.co.id ini Konsumen akan mendapatkan informasi yang akurat dan uptodate hal ini berdampak pada tingkat kepercayaan, minat dan daya beli konsumen terhadap produk yang di tawarkan oleh oto.co id dengan berbagai kemudahan yang mengklaim sebagai “the 1st Indonesian Automotive portal”. Hal ini akan berpengaruh pada eksitensi perusahaan terhadap nilai penjualan.

  36. 1. change the scope of competition dimana mereka melebarkan ruang lingkup pemasaran mereka,selain itu oto.co.id juga bekerja sama dengan berbagai dealer di berbagai wilayah. sehingga ia dapat memperbesar pasarnya

    2.dampak jangka panjang tentu saja akan menambah penghasilan dan jumlah konsumen,dan produknya akan dikenal luas di berbagai daerah yang pada akhirnya menghasilkan profit

  37. 1. Portal ini digunakan oleh perusahaan untuk mendukung strategi: change the scope of competiion by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche.
    Karena melalui portal ini perusahaan berusaha untuk memperluas area dan proses pemasaran mereka agar dapat dijangkau oleh seluruh kota di Indonesia (walaupun masih belum semua kota memiliki cabang ini). Maka, pelanggan dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi maupun untuk meng-apply paket yang diinginkannya. Sehingga area pemasarannya menjadi lebih luas dan prosesnya akan lebih lancar.
    Dalam mendiferensiasikan produk mereka dengan produk pesaing lainnya, selain paket mobil baru, perusahaan juga menyediakan paket dan kredit untuk modil bekas, memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi tiap merek mobil, serta adanya matrik perbandingan untuk membantu para pelanggan dalam memahami informasi yang dicarinya. Dengan ini, perusahaan mampu memberikan layanan yang lebih lengkap dan berbeda dengan kompetitornya.

    2. Portal ini dapat memperluas area pemasaran produk serta sangat membantu para pelanggannya.
    Oleh karena itu, pengaruhnya juga berdampak mempermudah jalannya informasi & promosi kepada konsumen serta feedback & penjualan kepada perusahaan. Maka terhadap eksistensi perusahaan, portal ini dapat mendukung perkembangan teknologi serta tiap departemen perusahaan itu sendiri, dan perusahaan juga menjadi semakin diperlukan bagi masyarakat yang membutuhkan portalnya.

  38. 1. Menurut saya strategi yang digunakan oleh oto.co.id adalah “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” dimana dengan adanya portal ini pihak oto mampu memperluas promosi dan penjualan nya hingga keseluruh daerah yang ada di Indonesia.Ditambah lagi pihak oto memberikan pelayanan pembelian secara kredit mendapatkan free asuransi mobil tentu hal ini akan menarik pihak konsumen untuk melakukan kerjasama dengan pihak oto. Kemudian portal tersebut juga menerima “Virtual Dealer” dimana portal tersebut menyediakan jasa kerja sama dengan para dealer mobil lainnya yang ingin mempromosikan produknya, sehingga semakin banyaklah produk-produk yang ada didalam portal tersebut. Portal ini juga menyediakn berbagai macam fasilitas yang dapat membantu konsumen sehingga portal ini mempunyai nilai lebih dari kompetitornya.

    2. Untuk waktu jangka panjang portal tersebut pastinya akan sangat membantu dalam meningkatkan eksistensi perusahaan.
    Walaupun piihak oto sudah membuka banyak kantor cabang yang ada di beberapa wilayah indonesia tetapi konsumen yang dikotanya tidak ada kantor oto dapat memesan melalui portal oto.co.id .

  39. 1. menurut saya portal oto.co.id menggunakan strategi change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche, dimana portal melakukan pemasaran melalui sebuah situs web hingga dapat memperluas pasarnya ke seluruh nusantara. portal juga memberikan kesempatan kepada perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan dan mengiklankan produknya pada situs web portal tersebut. selain itu portal juga
    menyediakan sistem kredit terhadap produk yang dipasarkanya.

    2. dampak jangka panjang oto.co.id terdahap eksistensi perusahaan tentu saja sangat menguntungkan karena perusahan telah mempromosikan produknya hingga ke seluruh nusantara sehingga dapat di kenal luas oleh konsumen di berbagai daerah.

  40. 1 ) pt.OTO menggunakan strategi ‘ change the scope of competition ‘ dimana melakukan promosi dan penjualan melalui media WEB. selain itu dia juga menjual barangnya dengan menggunakan sistem kredit. dan juga memperoleh keuntungan dengan membuka kesempatan kepada perusahaan-perusahaan lain untuk memasang iklan di web yang mereka buat.

    dan juga bekerja sama dengan dealer di berbagai dealer sehingga dapat memperluas pasarnya…

    2 ) dampak panjangnya adalah akan menghasilkan penghasilan serta konsumen. serta dengan terkenalnya merek tersebut , dapat mendapatkan profit yang lebih besar.

  41. JAWAB!
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  42. Jaawaban
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.
    dan cabang pasar yang sudah join dengan oto.co.id juga sangat banyak
    sehingga tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.
    2. Dampak jangka panjangnya saya kira adalah,
    dengan adanya portal tersebut , perusahaan mereka dapat menyebar keseluruh
    nusantara indonesia. meskipun saat ini belum seluruh kota yang ada didalam daftar
    dealer mereka, tapi untuk jangka panjangnya saya yakin seluruh kota di indonesia
    akan mengetahui bahawa perusahaan oto ini benar-benar menyediakan seluruh data tentang OTO
    dan existensi mereka akan meluas dari indonesia bahkan ke luar negri sekalipun.
    dan masyarakat akan setuju dengan motto situs mereka “1st indonesian automotive portal”

  43. 1. Strategi yg di gunakan oleh oto adalah “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”. yaitu dengan cara membuka cara baru dalam membuka sebuah kompetisi dengan cara baru di pasar. Yaitu ia membuat suatu perdaganggan menggunakan sistem “click mortal” atau menjual produk tidak hanya ditoko/perusahaan melainkan di website. Dengan cara membuka portal oto.co.id ia dapat menarik jumlah pelanggan yang lebih byk, dikarenakan oto dealer tidak hanya memfokuskan 1 produknya melainkan bermacam-macan dan juga tergabung dengan dealer lain dan bermacam-macam jenis kendaraan yang dijual, baik baru atau 2nd. Sehingga ia dapat mengetahui bangsa pasar mana yang sedang ramai sehingga memudahkan penjualan.

    2. Dampak jangka panjangnya sangat berguna sekali dalam perushaan, karena para konsumen tidak perlu repot-repot ke oto dealer untuk mengecek kendaraan apa saja yang dijual, sehingga memudahkan para konsumennya. Jika konsumen merasa puas maka ia akan mengajak konsumen lainnya untuk berbelanja disana. secara tidak langgung itu sebuah promosi dari pelanggan ke pelanggan yang dapat menguntungkan bagi oto dealer.

  44. Strategi yang di gunakan oleh portal oto.co.id ini yaitu:
    – change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche, dimana perusahaan ini memperbesar pemasarannya melalui kerja sama dengan kompetitor lainnya, sehingga menjangkau lebih banyak kota-kota.
    – differentiate product from competitor’s products, dimana dengan adnay kerja sama dari kompetitor lainnya sehingga lebih banyak jenis produk, merek yang di pasarkan oleh prusahaan ini. baik mobil maupun motor.

    Dampak jangka panjang ny dimana oto.co.id bisa meningkatkan lebih banyak konsumen karena dengan adanya kerja sama dengan compotitor lain, promosi yang di berikan bisa lebih banyak dan mempermudah konsumen untuk mengetahui lebih banyak informasi produk yang mereka inginkan sehingga lebih memusakan konsumen mereka.

  45. 1. – Low Cost Producer, karena bisnis Perusahaan OTO tersebut juga bersifat sebagai perantara antara dealer Mobil/Motor dengan Pembeli jadi perusahaan tersebut tidak memerlukan warehouse yang banyak yang digunakan sebagai media penyimpanan produk, sehingga biaya2 untuk warehouse dapat dikurangi.

    – Change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche, dengan adanya feature search engine agar pelanggan dapat dengan mudah mencari pilihan mobil yang diinginkan di kota mereka. Hal tersebut dapat memperluas pasar konsumen yang berada di seluruh Indonesia ini.

    2. Dengan adanya portal oto.co.id ini maka perusahaan akan lebih mudah dalam mempromosikan produk, sehingga dapat menarik perusahaan lain yang ingin mempromosikan Mobil/Motor mereka untuk bergabung ke Perusahaan OTO, apalagi Perusahaan OTO tersebut mengklaim sebagai “The 1st Indonesian Automotive Portal”, hal ini menjadi point untuk menyakinkan perusahaan lain dalam bergabung ke dalam OTO. Sehingga dalam waktu jangka panjang OTO dapat melakukan eksistensinya yang menyebar ke seluruh Indonesia.

  46. 1. Setelah saya mem-browsing web oto.co.id, dapat diketahui bahwa tugas dari oto.co.id adalah menyediakan informasi-informasi bisnis dealer mobil, motor yang ada di wilayah indonesia untuk konsumen. Sifat bisnis ini merupakan perantara antara konsumen dan dealer. Oto.co.id bekerjasama dengan dealer untuk memasarkan informasi baru dari dealer ke website oto.co.id, menyediakan informasi mobil bekas dari seller ke buyer.

    Strategi yang dilakukan oto.co.id yaitu low cost and change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche

    A. Low cost, karena sifat bisnis oto.co.id merupakan penyediaan informasi / perantara jadi oto.co.id tidak memerlukan marketer / karyawan yang terlalu banyak, serta tidak memerulkan warehouse untuk menyimpan produk / mobil.

    B. cara Oto.co.id memperluas wilayah pasar yaitu dengan melakukan kerjasama dengan dealer / seller di indonesia ini. Yang didalam webnya menyediakan informasi yang cukup lengkap dan banyak tentang berbagai jenis mobil dari dealer-dealer. Web tersebut memberikan kenyamanan untuk konsumen mencari informasi, harga, mobil baru, berita, mobil bekas, motor, dan lainnya.

    2. Eksistensi perusahaan tersebut dalam jangka panjang menurut saya akan dikenal luas

    Oto.co.id juga melayani “Virtual Dealer” dimana dealer baru / dealer dapat memasarkan produknya di oto.co.id. Menambahkan informasi yang lebih banyak / pilihan untuk konsumen baik harga maupun model.

    Jika oto.co.id selalu mem-update informasi, dan konsumen nyaman akan informasi yang disediakan maka oto.co.id akan sangat terkenal karena kenyamanan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan konsumen.

  47. 1. Portal oto.co.id ini mendukung strategi“change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche” mereka memperluas pemasaran mereka di seluruh kota – kota besar diindonesia. Mereka juga mendukung strategi differentiate product dimana mereka selain menjual mobil mereka juga menjual sepeda motor sehingga dapat memberikan solusi kepada pelanggan mereka, dengan transportasi yang lebih murah daripada mobil.

    2. Dengan adanya portal ini dampak – dampak yang akan terjadi adalah meningkatkan kinerja/performance perusahaan dan portal akan lebih banyak konsumen disebabakan adanya portal yang mengklaim sebagai “the 1st Indonesian Automotive portal”. Portal tersebut akan sangat menguntungkan bagi perusahaan karena membantu dalam hal promosi produk.

  48. 1. portal oto.co.id mendukung strategi “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”, karena dengan adanya portal tersebut mampu memperluas jangkauan promosinya hingga ke seluruh Indonesia sehingga bisa meningkatkan kualitas dan penjualan mobil secara kredit.

    2. dengan adanya portal tersebut tentunya akan mempermudah jalannya informasi & promosi kepada konsumen serta feedback & penjualan kepada perusahaan. Maka terhadap eksistensi perusahaan, portal ini dapat mendukung perkembangan teknologi serta tiap departemen perusahaan itu sendiri, dan perusahaan juga menjadi semakin diperlukan bagi masyarakat yang membutuhkan portalnya.

  49. 1. Portal oto.co.id digunakan oleh perusahaan untuk mendukung strategi bisnis :

    o) ”Change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche.”

    Ini terbukti dengan pengoperasian 47 kantor yang tersebar di 31 kota besar di Indonesia. Portal yang dipost secara online ini mampu membantu kemudahan penyediaan informasi dan perluasan jangkauan promosi hingga ke seluruh Indonesia. Perusahaan juga telah bekerja sama dengan bank – bank berjaringan nasional dan PT. Pos Indonesia untuk penerimaan pembayaran angsuran, sehingga para pelanggan semakin mudah dan nyaman membayar angsurannya.
    Dengan ketersediaan sistem tersebut, tentunya akan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan / memperluas pangsa pasar dengan bertambahnya jumlah pelanggan.

    o) “Differentiate product from competitor’s products.”

    Portal oto.co.id menawarkan hampir semua fasilitas pendukung yang menspesialisasi dirinya dari kompetitor. Sebagai perusahaan pembiayaan yang independen, OTO tidak memiliki keterkaitan dengan pabrikan, sehingga perusahaan memiliki keleluasaan untuk membiayai semua merek mobil yang ada di pasar. Selain itu, portal juga menyediakan kerja sama dengan “Virtual Dealer” yang ingin mempromosikan produknya bersama dengan OTO, sehingga ketersediaan produk menjadi bervariasi.

    2. Portal oto.co.id secara otomatis dapat melakukan kegiatan usaha tanpa peran cabang perusahaan secara langsung. Ini berarti eksistensi perusahaan (maya) tetap terjaga dengan kondisi tanpa cabang perusahaan sekalipun.
    Eksistensi perusahaan secara fisik juga akan meningkat (dengan bertambahnya cabang) seiring dengan perkembangan jumlah pelanggan yang melakukan transaksi usaha di portal oto.co.id.

  50. 1. portal oto.co.id ini mendukung startegi “Change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”.
    OTO dealer ini menggunakan web untuk mempromosikan tentang otomotif yang mereka tersediakan (tidak hanya ditoko saja), menggunakan portal ini mereka ingin memperluas area dan proses pemasaran ini ke seluruh di indonesia. OTO dealer ini tidak hanya menjual mobil baru tetapi mereka juga sediakan mobil bekas bahkan motor juga disediakan.
    OTO dealer ini menyediakan kredit untuk mobil 2nd, dan menyediakan informasi setiap tipe merek model mobil dengan detail, sehingga dapat membantu pelanggan dalam memilih mobil yang mereka inginkan.

    2. Dampak-dampak jangka panjang oto.co id ini sudah cukup baik dan luas. Jika OTO dealer ini sering up-date tentang otomotif dan spesifikasi tiap mobil yang baru, sehingga akan menarik para konsumen untuk mengunjugi. Dan OTO dealer termasuk “the 1st Indonesian Automotive portal” sehingga para konsumen akan lebih percaya dan akan berbelanja dengan memuaskan.

  51. 1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasannya : mereka mampu melakukan ekspansi pemasaran di luar wilayah pusat, dan mampu membuka peluang kerjasama dengan para kompetitornya, sehingga menciptakan suhu kompetisi yg tinggi

    2. Dengan adanya portal ini dampak – dampak yang akan terjadi adalah :

    Media pemasaran yg sangat efisien untuk mengekspos kualitas produk2 yg dijual, sehingga setiap konsumen mampu berekspektasi akan nilai beli setiap produk yang di inginkan

  52. 1. portal oto.co.id ini digunakan oleh perusahaan untuk membidik / mendukung strategi yang mana?
    portal oto.co.id ini mendukung strategi bisnis “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”, karena ia dapat memperluas promosinya sampai ke tempat2 lain.

    2. bagaimana dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan? iya,,, bisa karena ia mendapat bantuan yang disebut “The 1st Indonesian Automotive Portal”, leh sbab itu saya yakin bisa…

  53. 1. Portal oto.co.id sering digunakan oleh perusahaan – perusahaan untuk mendukung strategi bisnis “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”, dengan adanya portal ini sehingga mampu memperluas jangkauan promosi yang sampai ke seluruh Indonesia. Dan juga adanya sebuah sistem “Afiliasi Partner OTO” yang bermanfaat bagi perusahaan dan pihak lain untuk memperoleh keuntungan dengan cara melangkah bersama dengan perusahaan OTO dalam mempromosikan produknya melalui web. Yang mana akan sangat membantu perusahaan OTO dalam mencapai sasaran pasar yang dibidiknya.
    Selain untuk mencapai sasaran pasar yang tepat, portal ini juga mendukung strategi “differentiate product from competitor’s products”, sehingga dapat kita lihat bahwa dalam portal OTO ini perusahaan juga menyediakan jasa Asuransi dari para partner asuransi yang telah bergabung bersamanya. Dan juga portal ini juga menerima “Virtual Dealer” dimana portal ini menyediakan jasa kerja sama dengan rekan bisnis yang ingin mempromosikan produknya, sehingga produk yang ditawarkan lebih bervariasi dalam portal OTO. Selain itu portal ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain yang tentunya akan sangat membantu para konsumennya, sehingga jelaslah bahwa portal ini berbeda dengan portal-portal dari perusahaan kompetitornya.
    2. Untuk jangka waktu panjang, dengan adanya portal ini tentunya sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan eksistensinya. Meskipun cabang dari perusahaan tersebut hanya terdapat pada beberapa kota-kota besar saja, namun dengan bantuan portalnya yang disebut “The 1st Indonesian Automotive Portal” tetapi secara perlahan eksistensinya akan melebar ke seluruh Indonesia tanpa cabang perusahaan sekalipun.

  54. 1. Website Portal oto.co.id tersebut mendukung change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche dan Low Cost, Karena :
    – Mengembangkan wilayah pemasaran yang lebih luas yakni melalui website yang bisa di akses dari seluruh indonesia dan bekerjasama dengan dealer/agen lain …
    – Penghematan biaya Promosi dan juga biaya2 yg akan ditimbulkan oleh kebutuhan informasi akan Produk otodealer, misal Buku produk,brosur &daftar harga yg berubah-ubah …
    2. Dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan yang akan terjadi adalah..:
    – Pasar yang sangat luas dan Melekat suatu nama pada hati konsumen dengan mottonya “the 1st Indonesian Automotive portal”.
    – Tercapai untuk mengikuti perkembangan cara bisnis seiring dengan perkembangan zaman..
    – Perusahaan OtoDealer akan mendapatkan Profit yang besar

  55. 1. Mendukung strategi bisnis
    => Change the scope of competition by enlarging the market or narrowoing it to specialized niche”,

    perusahaan mampu memperluas jangkauan promosi ke seluruh dunia selama 24 jam non stop. di tambah dengan program ” afiliasi partner OTO yang merangkul partner lain untuk bersama sama untuk memasarkan layanan dan berbagi keuntungan di portal ini.

    => differentiate product from competitor’s products
    Dibuktikan dengan adanya program OTO Virtual Dealer dimana para partner dapat membangun virtual dealer di Portal ini dan dapat mempromosikan langsung semua produk promo yang akan dipasarkan.

    2. Dampak jangka panjang Terhadap Eksistensi Perusahaan

    dengan adanya portal ini tentunya akan mempermudah perusahaan untuk dapat memperkenalkan produk-produknya secara online dimana dimungkinkan juga terjadinya transaksi penjualan yang dapat dilakukan langsung oleh perusahaan ini , hal ini tentu sangat membantu dalam menjaga eksistensi perusahaan dalam jangka waktu yang panjang karena dengan sangat mudahnya informasi dan juga transaksi yang dapat dilakukan langsung oleh costumer.

  56. 1. Portal oto.co.id mendukung strategi ke-3 yaitu “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”, karena perusahaan ini mempunyai lingkup cabang yang sangat luas beserta menyediakan data-data alamat cabangnya tersebut. Selain itu, portal ini juga menyediakan services yang banyak, contohnya perkiraan harga dalam kredit card, perbandingan mobil, dan menyediakan alamat-alamat dealer yang bekerja sama dengan oto dalam pengkreditan mobil baru maupun bekas. Selain mobil, oto juga mempunyai layanan untuk pembelian motor.

    2. Portal ini sangat membantu customer untuk mencari kendaraan, dealer, ataupun alamat dari cabang oto di berbagai wilayah. Dengan memuaskan para pelanggan, maka itu akan berdampak besar bagi perusahaan tersebut. Dengan demikian maka dalam jangka panjang, kemungkinan akan semakin banyak calon pembeli yang akan mulai percaya kepada perusahaan ini, dan itu akan sangat mendukung ke eksistensian perusahaan tsb,

  57. 1. mendukung strategi, change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to specialized niche.karena dengan adanya portal tersebut akan memperluas pasarnya.

    2. dampak jangka panjangnya yaitu, dengan adanya portal tersebut, tentu akan membuat perusahaannya diketahui oleh masyarakat secara pelahan, khususnya yang membutuhkan kendaraan.

  58. 1. Portal oto.co.id mendukung strategi ke-3 yaitu “change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”, karena perusahaan ini mempunyai lingkup cabang yang sangat luas beserta menyediakan data-data alamat cabangnya tersebut. Selain itu, portal ini juga menyediakan services yang banyak, contohnya perkiraan harga dalam kredit card, perbandingan mobil, dan menyediakan alamat-alamat dealer yang bekerja sama dengan oto dalam pengkreditan mobil baru maupun bekas. Selain mobil, oto juga mempunyai layanan untuk pembelian motor.

    2. Portal ini sangat membantu customer untuk mencari kendaraan, dealer, ataupun alamat dari cabang oto di berbagai wilayah. Dengan memuaskan para pelanggan, maka itu akan berdampak besar bagi perusahaan tersebut. Dengan demikian maka dalam jangka panjang, kemungkinan akan semakin banyak calon pembeli yang akan mulai percaya kepada perusahaan ini, dan itu akan sangat mendukung ke eksistensian perusahaan tsb,

  59. 1> website http://www.oto.co.id ini mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche .
    alasannya adalah sebagai berikut:

    – karena website tersebut tidak hanya menjual berbagai jenis mobil. selain itu oto.co.id ini tidak hanya menjual mobil baru saja, tetapi juga menjual bekas saja;

    -Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari dalam negri maupun luar negri;

    -www.oto.co.id ini, juga membuat simulasi kredit , syarat kredit, dan berbagai macam lagi yang tertuju pada penjualan mobil dengan syarat-syarat dan ketentuan yang lengkap, selain itu oto.co.id juga menyediakan “PAKET OTO” yaitu paket DP dibawah 25% sehingga customer mendapat keringanan sewaktu DP

    -oto.co.id ini sudah memiliki banyak cabang dan juga banyak perusahaan yang join dengan oto.co.id, sehingga customer tidak sulit untuk mencari dealer terdekat dikota anda.

    2>Portal ini dapat memperluas daerah pemasaran produk serta sangat membantu customernya.
    Oleh karena itu, pengaruhnya juga berdampak positif yaitu mempermudah dalam promosi kepada calon customernya.
    sehingga oto.co.id ini dapat dikenal oleh banyak masyarakat

  60. Lebih mendukung kearah change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche karena pihak oto mampu dalam mempromosikan penjualannya secara luas, layanan pembelian pun dapat dilakukan secara credit, hal ini akan menarik banyak piha konsumen untuk melakukan kerjasama dengan pihak oto.

    Dampak yang diberikan pun menguntungkan. Karena perusahaan tidak hanya dapat mempromosikan produk nya dalam satu wilayah, tapi bermacam-macam. Hal itu akan membuat ketertarikan sendiri bagi para konsumen.

  61. 1.Portal oto.co.id dikatakan sebagai “the 1st indonesian
    automitive portal” digunakan oleh perusahaan untuk mebidik/mendukung
    strategi”change the scope of competition by enlarging the market
    or norrowing it to a specialized niche” karena dengan portal ini
    perusahaan dalat mempromosikan semua jenis barang yang akan dijual.
    Dan dengan adanya portal ini perusahaan dapat memperlebar area pemasaran
    tidak hanya di indonesia tetapi juga keluar negeri karena banyak diakses
    melalui internet.
    selain strategi diatas portal ini juga bisa dikatakan sebagai
    “become the low cost producer” karena dengan banyaknya jenis produk yang
    dijual konsumen diberi banyak alternative sesuai dengan cost dan keinginan
    konsumen.

    2. dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan?

    Dalam usaha menyediakan layanan “one-stop-service”, Oto Multiartha mengembangkan web site http://www.oto.co.id, yang mana telah diakui sebagai portal otomotif pertama di Indonesia.
    Oto Multiartha terus memperkuat sistem Teknologi Informasi untuk memperluas pangsa pasar dengan cara meningkatkan efisiensi dan produktivitas di kantor-kantor cabang untuk melayani pelanggan.

    Oto Multiartha senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Sampai akhir 2008 Oto Multiartha telah mengoperasikan 47 kantor yang tersebar di 31 kota besar di Indonesia.
    Selain itu juga Oto Multiartha telah bekerjasama untuk penerimaan pembayaran angsuran dengan bank-bank berjaringan nasional dan PT Pos Indonesia, sehingga para Pelanggan semakin mudah dan nyaman membayar angsurannya.

  62. Berikut ini Jawaban saya …. ,
    1. portal oto.co.id tersebut mendukung strategi
    change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it
    to a specialized niche .
    alasan saya : karena portal tersebut tidak hanya menjual mobil baru dan bekas saja ,
    tapi mereka juga membuat simulasi kredit , budget, syarat kredit, dan bermacam2 lagi
    yang mengarah kepada penjualan mobil dengan syarat lengkap.
    plus satu poin lagi, mereka juga menerima pertanyaan dari user tentang segala
    keluhan , complain, dan segala pertanyaan tentang situs mereka.
    Oto.co.id juga menyediakan semua artikel tentang otomotif baik dari domestik maupun
    luar negri.

    2. dampak jangka panjang adanya portal oto.co.id ini terhadap eksistensi perusahaan?

    Dalam usaha menyediakan layanan “one-stop-service”, Oto Multiartha mengembangkan web site http://www.oto.co.id, yang mana telah diakui sebagai portal otomotif pertama di Indonesia.
    Oto Multiartha terus memperkuat sistem Teknologi Informasi untuk memperluas pangsa pasar dengan cara meningkatkan efisiensi dan produktivitas di kantor-kantor cabang untuk melayani pelanggan.

    Oto Multiartha senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Sampai akhir 2008 Oto Multiartha telah mengoperasikan 47 kantor yang tersebar di 31 kota besar di Indonesia.
    Selain itu juga Oto Multiartha telah bekerjasama untuk penerimaan pembayaran angsuran dengan bank-bank berjaringan nasional dan PT Pos Indonesia, sehingga para Pelanggan semakin mudah dan nyaman membayar angsurannya.

  63. 1. portal oto.co.id ini mendukung startegi “Change the scope of competition by enlarging the market or narrowing it to a specialized niche”.
    Melalui portal ini, perusahaan mempunyai berbagai tujuan yang dapat berupaya untuk memperluas area dan proses pemasaran ke seluruh tanah air dimana pelanggan dimana saja dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi mengenai spesifikasi mobil impian mereka, harga, simulasi dan persyaratan untuk kredit, maupun untuk meng-apply paket yang diinginkannya. Dalam mendiferensiasikan produk dengan para pesaing yang ada, perusahaan juga menyediakan paket dan kredit untuk modil bekas, memberikan informasi lengkap mengenai spesifikasi tiap merek mobil,maupun perbandingan antar mobil untuk menyakinkan dan membantu para pelanggan dan calon pembeli dalam memahami informasi yang yang diperlukan sebelum melakukan pembelian.
    Dengan ini, perusahaan mampu memberikan produk dan jasa yang lebih lengkap dan berbeda dengan kompetitornya.

    2. Seperti yang kita ketahui, persaingan di era globalisasi ini sangat memerlukan kecepatan, ketepatan dan global market available, maka dengan adanay E-business yang disediakan oleh perusahaan akan banyak mempengaruhi dan membantu dalam hal memperluas area pemasaran produk, penyediaan informasi & promosi kepada konsumen serta feedback & penjualan kepada perusahaan.
    Oleh karena itu, kesempatan bersaing, perkembangan perusahaan untuk tetap mampu menyediakan kebutuhan para pelanggan maupun masyarakat luas khususnya tanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s