BCA : Bertransaksi Cepat Aman

Apa kriteria mu dalam memilih bank ? Bila pertanyaan ini diajukan, maka jawaban saya sudah jelas yaitu yang bisa bertransaksi aman dan cepat. Berdasar pengalaman saya transaksi cepat dan aman ini bisa saya dapat di bank BCA ( www.bca.co.id ).

CEPAT

Kriteria cepat tidaknya transaksi yang umum dipakai adalah bahwa waktu proses antara input sampai menghasilkan output memenuhi harapan pengguna. Contohnya, waktu yang diperlukan mulai saya bertransaksi di sebuah counter ATM di Batam sampai kakak saya di Jakarta meng-sms bahwa transfer sudah masuk ke rekeningnya bisa hanya dalam hitungan di bawah 5 menit. Itu masuk dalam kriteria cepat bagi saya, dan kriteria cepat ini dapat terpenuhi saat bertransaksi lewat bank BCA, tetapi ternyata bahkan BCA memberi lebih dalam kemudahan transaksi dan solusi perbankan.

Buat saya kriteria umum itu sudah standar, sehingga saya memperluas kriteria tersebut dengan memperpanjang lingkupnya yaitu mulai dari saya ingin bertransaksi sampai partner transaksi saya menyatakan transaksi sudah berhasil dilakukan. Beberapa kejadian yang saya alami mendukung kriteria perluasan saya ini. Saat menerima tagihan asuransi ataupun tagihan kartu kredit, saya diminta untuk melakukan pembayaran lewat bank, yaitu bisa lewat teller atau ATM. Yang praktis tentunya ATM. Waktu transaksi mulai dihitung saat saya memutuskan untuk melakukan pembayaran, pergi ke ATM, melakukan transaksi, dan pernyataan transaksi berhasil dilakukan. Keberadaan ATM BCA di banyak lokasi memberi kemudahan dalam pemilihan counter ATM yang bisa digunakan. Counter ATM terdekat dengan rumah saya berada sekitar 3 kilometer yaitu berlokasi di sebuah kompleks SPBU, ini menjadi pilihan bila saya tidak berencana pergi kemana-mana setelahnya. Bila ada rencana pergi dengan keluarga maka transaksi yang ingin dilakukan tidak memerlukan perlakuan khusus karena ATM BCA selalu ada di tiap mall yang saya kunjungi untuk berbelanja seperti di Mega Mall Batam Center, di BCS Mall, di Nagoya Hill Mall, dan di Top 100 Penuin. Dengan keberadaan ATM BCA di banyak lokasi membuat kriteria waktu transaksi yang diperluas versi saya bisa terpenuhi dengan baik oleh BCA karena pada saat saya memutuskan melakukan pembayaran segera saat itu pula saya bisa mengunjungi counter ATM BCA terdekat.

Satu lagi kelebihan BCA dalam transaksi mudah dan cepat yang sering saya gunakan adalah produk perbankan “week-end banking”. Kesibukan di hari kerja Senin sampai Jumat membatasi saya untuk dapat pergi ke bank terutama untuk keperluan setor tunai karena ada pemasukan dalam bentuk uang tunai selama seminggu berjalan. Layanan “week-end banking” mengurangi peliknya perencanaan saya untuk penyetoran dan sekaligus membuat saya bisa memfokuskan hari kerja untuk bekerja. Sabtu Minggu sebagai hari bank dan rekreasi. Lokasi “week-end banking” yang strategis membuat kegiatan ke bank bisa dilakukan sebagai rangkaian rutinitas, tidak perlu pengkhususan. Kegiatan ke bank bisa dilakukan sambil lalu dengan pergi berbelanja mingguan ke pasar basah maupun ke mall, ataupun digabungkan sambil lalu setelah ibadat di gereja.

Kemudahan dan kecepatan transaksi yang diberikan bank BCA ternyata bukan hanya dalam hal transaksi uang masuk dan uang keluar yang prosesnya lebih terotomatisasi, tetapi juga saya alami dalam pelayanan kredit pemilikan rumah yang banyak melibatkan individu staf BCA. Akhir tahun 2011 saya mengajukan kredit untuk pembiayaan pemilikan rumah sebagai perwujudan rencana masa depan keluarga saya. Mulai proses pengumpulan informasi, pemasukan data, pemrosesan, valuasi aset, penyampaian hasil proses, dan penandatanganan kontrak dilakukan relatif cepat hanya dalam hitungan 1 bulan 2 minggu, itupun melewati libur Natal dan Tahun Baru. Proaktif staf BCA dalam mengkomunikasikan persyaratan dan follow-up terhadap kekurangan data amat sangat membantu dalam kecepatan proses persetujuan kredit ini. Ternyata tidak sulit untuk mendapatkan fasilitas kredit yang berbunga rendah di BCA. Dengan mendapat bunga yang rendah maka tentunya saya bisa memiliki kelebihan walaupun relatif kecil sebagai bagian yang bisa saya tabung sebagai rintisan dalam mewujudkan kebebasan finansial bagi keluarga saya.

AMAN

Sejak awal menjadi nasabah BCA di tahun 1994 sampai sekarang, saya belum pernah mengalami hal-hal yang mengganggu aspek keamanan bertransaksi. Semua transaksi yang pernah dilakukan berjalan dengan baik dan berhasil dilakukan, walaupun ada beberapa kegagalan transaksi terjadi namun bisa diselesaikan dengan baik, aman, dan happy ending.

Satu pengalaman gagal namun berakhir dengan bagus terjadi saat melakukan setor uang lewat ATM setor tunai pada satu hari Minggu. Mesin ATM berhasil menghitung uang, tetapi saat proses transaksi tiba-tiba komputer hang dan re-start. Istri saya segera menghubungi call center dan diminta beberapa informasi tentang jumlah uang yang ditransaksi, satuan uang yang digunakan, jam transaksi dan lain-lain, dan untuk sementara kartu ATM diblokir untuk menghindari penyalahgunaan. Kemudian dijanjikan akan datang teknisi, dan benar saja tidak berapa lama seorang teknisi datang dan memverifikasi isi ATM tersebut. Keesokan harinya istri saya menemui CS BCA dan untuk mengisi beberapa formulir, dan beberapa hari kemudian ditelpon bahwa uang yang termakan mesin ATM sudah tertransfer di rekening istri saya.

Satu peristiwa gagal lain yang bisa diselesaikan dengan menyenangkan dan aman adalah saat kartu ATM istri saya tertelan di Pondok Indah Mall. Saat itu kami sekeluarga sedang liburan di Jakarta. Sesaat tertelan, istri saya menelpon ke call center untuk informasi dan memblokir kartu ATM tersebut. Keesokan harinya kami jalan-jalan ke Mall Taman Anggrek, dan kebetulan lewat di bank BCA cabang. Kami coba mampir untuk menanyakan apakah bisa memproses kartu ATM yang tertelan tersebut, ternyata menurut staf CS BCA yang ramah bahwa walaupun asal pembuatannya di Batam, istri saya dapat memperbaharui kartu ATM baru di Jakarta. Kami sangat surprise dan unjuk jempol kepada BCA. Dengan kartu baru ini kami dapat melanjutkan liburan dengan lebih lapang hati.

Itulah pengalaman saya dan keluarga bertransaksi melalui Bank BCA. Transaksi bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan aman karena fasilitas yang sempurna dan sumber daya manusia yang profesional. Walaupun ada beberapa kegagalan namun bisa diselesaikan juga dengan mudah, aman dan cepat sehingga membuat nasabah tenang dan senang. Bila saya memerlukan informasi mengenai transaksi, saya bisa mudah mendapatkannya dengan mengakses internet di www.bca.co.id , semua informasi ada di sana disajikan dengan bahasa yang sederhana. Ternyata pengalaman tidak pernah bohong, memang benar untuk bertransaksi cepat dan aman itu hanya ada di bank BCA karena BCA “truly Bertransaksi Cepat Aman”.

bca sip lah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s